Keuntungan & Kekurangan Sistem Cerdas Beserta Contoh Penerapannya dalam Kehidupan Manusia

Keuntungan & Kekurangan Sistem Cerdas Beserta Contoh Penerapannya dalam Kehidupan Manusia

Tujuan Kecerdasan Buatan

Adapun tujuan kecerdasan buatan, diantaranya yaitu:
a. Dapat membantu pekerjaan manusia salah satu contoh program atau sistem buatan manusia ialah robot yang sudah ada di super market yang bisa bicara dan memberikan pelayanan layaknya seperti manusia.
b. Membuat mesin menjadi lebih pintar, salah satu contoh komputer dulunya hanya bisa mengetik saja, tapi seiring perkembangan zaman maka komputer juga bisa digunakan untuk chatting, bermain game dan yang lainnya.
c. Membantu memecahkan masalah, salah satu contoh komputer memiliki program kalkulator yang dimana didalamnya bisa memecahkan masalah perhitungan mulai dari hitungan biasa sampai hitungan logika, sehingga dalam tahap ini kecerdasan buatan dapat bermanfaat sekali bagi semua orang.

Menurut Winston dan Prendergast (1984), tujuan kecerdasan buatan, diantaranya yaitu:
  • Membuat mesin menjadi lebih pintar
  • Memahami apa itu kecerdasan
  • Membuat mesin lebih bermanfaat

Kelebihan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)
Ada kelebihan AI, diantaranya yaitu:
  • AI bersifat netral tanpa pandang bulu, maksudnya dimana mengambil keputusan tersebut lebih nyata dan benar, berbeda seperti manusia yang masih memiliki berbagai pertimbangan.
  • Kecerdasan buatan bersifat permanen maksudnya tidak bisa diubah kembali, tapi bisa digunakan berulang-ulang.
Kerugian Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)
Adapun kerugian AI diantaranya yaitu:
  • Menurunkan kinerja manusia dalam berbagai pekerjaan, karena sudah terganti oleh kecerdasan buatan.
  • Kemampuan kecerdasan buatan terbatas, maksudnya sistem tersebut terbatas bisa melakukan hal tertentu, tidak bisa melakukan hal yang lebih seperti manusia

Contoh Penerapan Sistem Cerdas bagi kehidupan manusia sehari hari

1. Chatbot
Chatbot adalah layanan obrolan yang sebenarnya menjadi fitur yang sudah sangat sering digunakan oleh masyarakat yang melek teknologi. Tapi bedanya, yang membalas di dalam proses chatting itu adalah robot atau tokoh virtual. Ini memang sesuai namanya yang memuat kata “bot” yang merupakan kependekan dari internet robot.
Dengan chatbot, maka robot/tokoh virtual di dalamnya diberikan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) yang memiliki kemampuan untuk menirukan percakapan manusia seperti kamu sedang chatting atau mengobrol dengan suara bersama orang biasa saja. Dan ini tentunya memberikan banyak kemudahan untuk bisnis yang sedang dijalankan.
Kemampuan AI yang memberikan kecerdasan virtual kepada chatbot membuatnya bisa menilai jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan yang dilontarkan kepadanya. Cara yang dipakai chatbot agar bisa mendapatkan jawaban terbaik adalah melalui keyword. Ya, dengan sistem pengoperasian yang sudah ditanamkan kepadanya, maka chatbot bisa melihat keyword yang diberikan kepadanya dan melihat mana jawaban yang paling dekat dengan keyword tersebut sehingga setiap pertanyaan yang diberikan bisa dijawab dengan cepat.
Ada beberapa teknologi lainnya yang digunakan oleh chatbot agar menghasilkan aplikasi yang tepat untuk memberikan informasi yaitu Machine LearningDeep Learning dan Natural Language Processing (NLP). Khusus untuk NLP, ini adalah teknologi yang cukup penting karena dengan NLP, chatbot bisa memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami bahasa yang dipakai di dalam pertanyaan dan memberikan respon dengan bahasa yang sama pula.
Itulah pengertian dari chatbot yang sangat bisa digunakan di dalam bisnis. Namun setiap teknologi pastinya memiliki kelebihan serta kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari teknologi robot tersebut? Itu yang akan diulas di bawah ini.
2.Mesin Pompa Air Otomatis
Pada mesin pompa air sistem otomatis terbagi dalam dua model yaitu analog dan digital sensor otomatis dengan segala kelebihan dan kekurangan masing masing.
Pada mesin pompa air yang banyak di pakai untuk kebutuhan rumah tangga, biasanya sudah dilengkapi dengan saklar otomatis ini dengan sistem tekanan air sebagai pemicu platina nya. Saklar jenis ini berfungsi terbatas pada kerjanya yang tergantung dengan tekanan air dalam pompa.
Jika terdapat kebocoran pada instalasi pipa maka saklar jenis ini tidak akan dapat berfungsi dengan baik bahkan akan sangat mengganggu karena mesin akan hidup dan mati tak beraturan.
Pada tipe saklar analog juga terdapat model lainnya yaitu model pelampung (radar) yang biasanya terpasang pada tandon air. Saklar ini bekerja karena gerakan pemberat yang naik turun mengikuti level air dan memicu platina saklar.

3.Siri
Siri adalah salah satu asisten pribadi virtual paling populer yang ditawarkan oleh Apple di iPhone dan iPad. Asisten yang diaktifkan sebagai suara perempuan ramah berinteraksi dengan pengguna dalam rutinitas sehari-hari. Dia membantu Anda menemukan informasi, mendapatkan petunjuk arah, mengirim pesan, melakukan panggilan suara, membuka aplikasi, dan menambahkan acara ke kalender.
Siri menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk mendapatkan pertanyaan dan permintaan bahasa alami yang lebih cerdas dan mampu memahami. Ini pasti salah satu contoh paling ikon dari kemampuan belajar pada mesin smartphone.
Pandangan Kedepannya terhadap Perkembangan Sistem Cerdas di Indonesia
Menurut penulis, perkembangan Teknologi Indonesia harus mengikuti dengan perkembangan teknologi yang sedang happening saat ini, untuk itu, Pemerintah dan Masyarakat berperan penting demi kemajuan Perkembangan IT di Indonesia. Namun dengan perkembangan yang siginifikan terus naik, kita harus pintar menyaring dan menyisihkan hal hal buruk yang bisa merusak kesatuan dan persatuan bangsa.
Sumber:
https://www.dewaweb.com/blog/pengertian-kelebihan-dan-kekurangan-penggunaan-chatbot-dalam-aplikasi-untuk-bisnis/
https://medium.com/@teknoiot/contoh-penerapan-artificial-intelligence-yang-populer-saat-ini-508851fca1d4
https://www.pelajaran.co.id/2018/03/kelebihan-dan-kekurangan-kecerdasan-buatan-artificial-intelegence.html#kelebihan-dan-kekurangankecerdasan-buatan-artificial-intelegence

Comments