Visual Basic 6.0 Aplikasi Konversi Mata Uang Asing

Tutorial Membuat Aplikasi Kurs Dollar Menggunakan Aplikasi Visual Basic 6.0



Assalamualaikum Wr. Wb salam sejahtera untuk kita semua, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara membuat apilikasi konversi mata uang dari rupiah ke mata uang Dollar, Yen, dan Ringgit. Semoga apa yang kami jelaskan disini berguna bagi para pembaca blog ini, selamat membaca.
Langkah pertama pastikan anda telah mengistall aplikasi visual basic versi 6.0 atau versi lainnya.
Jika teman teman sudah menginstall program visual basic langkah selanjutnya dalah membuka aplikasi dan memilih New Project à standart exe seperti gambar dibawah.
Setelah memilih standart exe maka akan muncul tampilan Project 1 & Form 1



Untuk langkah Pertama dalam pembuatan aplikasi konversi mata uang kita akan mengggunakan commandbutton, karena disini kita akan membuat tiga konversi mata uang, maka kita akan menggunakan 3 Commandbutton, commandbutton dapat kita temukan di toolbar sebelah kiri ya, bukan dirumah mantan


Setelah selesai menambahkan tiga commandbutton, jangan lupa untuk mengganti nama commandbutton menjadi nama kurs mata uang asing yang kita inginkan dengan cara mengganti caption di properties, Pada kesempatan kali ini saya akan mengkonversi ke mata uang Dollar, Yen, dan Ringgit selanjutnya kita tambahkan Label untuk membuat judul, kita bebas menaruh label ini dimana. Untuk mengganti nama Label cukup dengan mengganti nama di caption pada toolbar 




Setelah Tampilan telah sesuai dengan apa yang kita inginkan, sekaran kita bisa memulai menulis script untuk program konversi mata uang.
Langkah pertamabuat form baru untuk salah satu button kurs mata uang, sebagai contoh; mata uang dollar, hal ini ditujukan agar saat kita mengklik button dollar maka akan otomatis masuk ke form ini. Dengan sistemasi tulisan seperti dibawah ini;
Jangan lupa untuk mengisi kurs Dollar untuk rupiah di text boxmya, karena disini kita anggap nilainya sudah paten.
Selanjutnya ikutilah script berikut;
Pada form Dollar, isikan jendela script dengan “form2.show” digunakan untuk menampilakan form 2,  jika kita mengklik form Dollar, maka akan langsung diarahkan untuk menuju form 2. Selanjutnya “vbmodal” yang digunakan untuk mengatur ukuran. “Unload Me” digunakan untuk force close form sebelumnya.


pada form “Ok” maka akan muncul jendela script, yang bisa kita isi. Kita mulai dengan “text 3.text”yang digunakan untuk memanggil hasil. Selanjutnya “val (text1.text)*13757.7” digunakan sebagai konversi angka (dalam Visual basic kita tidak bisa menggunakan koma, jadi kita harus memakai titik sebagai pemisah angka desimal)


pada form “Exit” juga akan muncul jendela script, “IF” digunakan jika kondisi terpenuhi maka akan langsung close form, “msgbox” digunakan untuk menampilkan pesan pop up seperti “Yakin Keluar” selanjutmya “vbYesNo” digunakan untuk menu pilihan lalu “then Unload Me” digunakan untuk menutup Form, terakhir jangan lupa untuk “End If”



Untuk Mata uang Ringgit dan Yen kita akan melakukan hal yang sama seperti pada kurs Dollar, yaitu membuat Form untuk masing masing kurs, serta menulis script yang sama seperti pada kurs dollar yang tadi. Dengan hanya mengganti Judul serrta tetapan mata uang yang kita gunakan.
Untuk mempercepat waktu pengerjaan kita bisa mengcopy data dari Form selanjutnya ke Form kurs mata uang yang baru, selanjutnya kita hanya cukup mengganti label, label serta tetapan mata uangnya. Untuk script tidak ada yang berbeda hanya Form saja yang berbeda karena mata uang Ringgit menggunakan Form3 dan mata uang yuan menggunakan Form4.
Berikut merupakan Tampilan untuk kurs konversi mata uang ringgit. Dengan tetapan 1 ringgit senilai dengan Rp 3553,3


Berikut merupakan Tampilan untuk kurs konversi mata uang Yen. Dengan tetapan 1 Yen senilai dengan Rp 127,945


TAMPILAN OUTPUT AKHIR PROGRAM
A.      Konversi US Dollar 


B.      Konversi Ringgit


 C.      Konversi Yen
Baiklah saya rasa itu yang bisa kami sampaikan kepada para pembaca sekalian, jika ada yang kurang jelas atau kurang dimengerti silahkan memberi tanggapan di kolom komentar yang disediakan tapi tetap ingat dilarang menggunakan kalimat kasar dan kata kata hinaan terhadap SARA saat menulis komentar. Anda bisa dikenai sanksi jika menulis komentar berisi ujaran kebencian atau fitnah. Dan yang terpenting jangan curhat di kolom komentar ya.



Selain itu jika saudara pembaca yang budiman masih merasa kurang dengan pembahasan kami diatas, saudara dapat menonton video tutorial pembuatan aplikasi konversi mata uang dengan Visual Basic, sekian. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Comments