ASL DAN BISL


Ø Pengertian ASL(Application Service library)
Adalah domain publik kerangka praktik terbaik yang digunakan untuk standarisasi proses dan aplikasi manajemen, disiplin memproduksi dan memelihara sistem informasi dan aplikasi
ASL erat terkait dengan kerangka kerja ITIL (IT Service Management) dan BiSL (Manajemen Informasi dan Manajemen Fungsional) dan Capability Maturity Model (CMM).
ASL dikembangkan pada akhir tahun sembilan puluhan di Belanda, awalnya sebagai model R2C proprietary, sekarang ASL BiSL Foundation.Versi ASL2 diterbitkan pada tahun 2009.

Ø Tujuan Application Service Menejemen
1. ASL bertujuan untuk memprofesionalkan bidang pengelolaan aplikasi. Pendekatan berkontribusi pada profesionalisasi organisasi manajemen dan memfasilitasi cara kerja yang lebih efisien dan hemat biaya.
2. Salah satu keuntungan utama ASL adalah kerangka umum dan kerangka acuan untuk domain pengelolaan aplikasi memungkinkan kerjasama yang lebih baik antara pihak-pihak yang terkait.
3. Terminologi Standar, menghindari perangkap berbicara tentang topik yang berbeda saat mengunakan kata kata yang sama
4. Tujuan dari ASL adalah untuk membantu dalam profesionalisasi Manajemen Aplikasi.

Ø Skema ASL 1
 


Ø Skema asl 2









Pengertian struktur :
ASL2 berisi 3 tingkat, 6 kelompok proses (3 pada tingkat operasional, 1 pada tingkat taktis, 2 pada tingkat strategis) dan totalitas 26 proses.

Ø Tingkat operasional




 5 proses dalam cluster Manajemen Aplikasi Strategi














Ø Tingkat Menejemen
 
Ø Tingkat strategis

 

2. BISL

BISL adalah standar domain publik sejak tahun 2005, diatur oleh Lembaga ASL BiSL (sebelumnya Lembaga ASL). 

Kerangka kerja ini menggambarkan standar untuk proses dalam manajemen informasi bisnis di strategi, manajemen dan operasi tingkat.

BiSL berkaitan erat dengan ITIL dan ASL kerangka, namun perbedaan utama antara kerangka kerja ini adalah bahwa ITIL dan ASL fokus pada pasokan sisi informasi (tujuan organisasi TI), sedangkan BiSL berfokus pada sisi permintaan (yang timbul dari organisasi pengguna akhir)

Level Identifikasi BISL
1. OPERASIONAL
proses operasional melibatkan penggunaan sehari-hari dari penyediaan informasi, dan merancang dan melakukan perubahan pada yang terakhir;

2.MENGELOLA
proses manajemen melibatkan biaya, manfaat, perencanaan, dan kualitas penyediaan dan pengaturan informasi dengan pemasok TI 

3.STRATEGIS 
proses di tingkat strategis menentukan sifat dari penyediaan informasi dalam jangka panjang dan juga bagaimana pengelolaannya harus disusun.





BISL USERS

Insurance companies (Achmea and ASR)
Medical organizations e.g. hospitals
Departments of Finance, Traffic, Education
Universities
Banks (Fortis)
Municipalities and other local governments
Drinking-water suppliers
Subgovernmental organizations (SVB, TenneT,..)



Comments