Tugas 1 Inovasi SI & New Technology

Nama: Adji Imam Mahmudi
Kelas : 2KA17
NPM. : 10117189

TUGAS A : Mereview 2 Jurnal, Mencari Kelebihan dan Kekurangan, Serta Kesimpulan Jurnal

Judul Jurnal : Impact Of information Technology and Internet in businesses
Penulis : Aferdita Berisha-Shaqiri, University of Pristina, Albania
Vol/Tahun : vol 1 no 1/ Maret 2015
Ringkasan Jurnal:
Jurnal ini secara umum menjelaskan tentang peran dari informasi teknologi terhadap dunia bisnis yang semakin berkembang pada masa ini. dengan di dukungnya revolusi dari komputer serta ilmu ilmu yang mendukungnya. dengan berkembangnya teknologi maka bisnis akan semakin berkembang ke depannya, sebagai contoh sebuah perusahaan akan bisa melebarkan jangkauan serta potensi tertinggi dari perusahaan tersebut. Secara lebih luas perkembangan teknologi informasi pada bidang bisnis dapat berdampak pada sosial ekonnomi dan politik. inilah yang menjadi alasan berkembangnya persaingan antar perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta target perusahaan.
Berkembangnya teknologi dalam bidang bisnis ini berakibat fatal jika tidak diterapkan sesuai fungsinya. semua itu kembali kepada kita sebagai pengguna teknologi. sebagai contoh terlalu berlebihnya persaingan pasar dapat menimbulkan ketidakstabilan di berbagai faktor. Sebagai contoh, dapat merubah peta ekonomi secara global
teknologi informasi dan internet bukan hanya faktor utama untuk berkomunikasi antar orang orang. namun merupakan jalan untuk membentuk suatu bentuk bisnis baru. Internet dapat dimanfaatkan sebagai media untuk memperkenalkan produkproduk suatu perusahaan kepada calon konsumennya secara luas dan efisien serta menghemat waktu serta biaya yang diperlukan.
Kelebihan dan Kekurangan Jurnal :
Kelebihan Jurnal :
1. Memaparkan secara jelas dan gamblang pokok inti bahasan dan tidak menggunakan bahasa yang berlebihan.
2. Memaparkan secara jelas struktur Jurnal dimulai dengan abstraksi dan diakhiri dengan kesimpulan.
3. menjelaskan latar belakang teknologi dan efeknya dalam perkembangan dalam dunia bisnis serta pemanfaatannya dalam bidang terkait.
4. Penulisan Jurnal teratur dan tertata sesuai kaidah yang berlaku.
5. Kata yang digunakan dalam jurnal bersifat baku serta mengunakan bahasa internasional yang universal dan dikenali seluruh kalangan
6. Memaparkan data data berbentuk diagram dan tabel dalam pokok terkait di setiap pembahasannya, membuat jurnal bersifat valid dan dapat di percaya isi nya.
7. Menyertakan daftar pustaka
8. Dapat dijadikan refrensi dan diimplementasikan dalam kehidupan bisnis yang sebenarnya
Kekurangan :
1. space Penulisan tidak tertata
2. Tiap paragraf tidak ada yg menjorok kedalam
3. Penyampaian materi hanya sebatas sudut pandang penulis
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Judul jurnal : Peran Teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan
Penulis : Haris Budiman, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Vol/Tahun : Vol 8/Mei 2017
Ringkasan Jurnal :
Dalam dunia edukasi, teknologi informasi dan teknologi sangat penting bagi pelajar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran baik dalam pemantapan materi atau mencari materi materi baru. tidak hanya untuk murid, kemajuan teknologi informasi juga bisa mempengaruhi tenaga pengajar, baik dalam segi cara penyampaikan materi (teaching skills) atau pun refrensi materi serta menunjang fasilitas yang disediakan.
Globalisasi telah memicu kecendrungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pertemuan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih ke arah terbuka. Pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (fleksibel) , terbuka dan dapat diakses oleh siapapun yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Pendidikan masa mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukan berorientasi pada gedung sekolah.
perkembangan teknologi ini harus dimanfaatkan untuk menuju sistem pendidikan yang lebih baik di masa depan, jangan sampai menjadi bumerang akibat cara pemanfaatan teknologi yang salah, sebagai contoh, dengan berkembang pesat nya teknologi dalam mesin pencarian, kita harus bisa memastikan bahwa mesin pencari digunakan untuk hal hal positif. jika tidak hal ini dapat mengakibatkan efek yang tidak diinginkan kedepannya. kita sebagai orang orang disekitarnya harus terus memberi pengawasan.
Kelebihan dan Kekurangan Jurnal:
Kelebihan Jurnal :
1. memaparkan secara jelas dan ringkas pokok pembahasan yang akan disampaikan oleh penulis.
2. menampilakan susunan jurnal secara terperinci mulai dari abstraksi sampai kesimpulan
3. dilengkapi dengan daftar pustaka
4. Menjelaskan secara detail pemanfaatan topik pembahasan untuk diterapkan dalam kehidupan sesungguhnya
5.  Menggunakan penjorokan kalimat ke kanan untuk setiap paragraf membuat terlihat lebih teratur
6. menggunakan bahasa baku sesuaI EYD
Kekurangan Jurnal:
1. Tidak disertai data penunjang yang valid
2. Penampilan kurang menarik tanpa data data diagrampenunjang topik
========================================================================================================================================================================================================================

Tugas B : Membuat Sebuah Inovasi Berdasarkan Jurnal Yang Telah dibahas pada Tugas A

Pada Tugas A diatas saya telah mereview dua jurnal yang membahas tentang Peran teknologi informasi pada dunia bisnis, serta peran teknologi informasi pada komunikasi dan pendidikan.
Dunia bisnis semakin berkembangan saat ini, transaksi jual beli hampir terjadi selama 24 jam nonstop karena besarnya minat dan kebutuhan konsumen, selain itu dengan adanya internet cakupan lokasi bisnis pun semakin meluas. tentu akan sangat membebani para produser dan seller misal dalam bidang komunikasi. Sebagai contoh, Yatno adalah pengerajin arca dari Bali, Indonesia. Produknya sangat diminati oleh para turis sampai akhirnya produk yatno terdengar sampai negara luar. Bisnis yatno pun berkembang pesat. Namun ada kendala yang dialami yatno, yaitu perbedaan waktu antar Negara di dunia. Sering Kali yatno harus begadang di malam hari untuk memenuhi pesanan para konsumennya dan mengerjakannya di Pagi hari. Tentu cara ini tidak produktif dan efisien bagi yatno yang usahanya masih dalam taraf berkembang serta dengan sedikit karyawan, sebagai pelaku usaha, yatno paham dengan hal tersebut, di khawatirkan akan berdampak pada mutu barang yang yatno pasarkan.
Sebagai Solusi dari kasus Yatno, yatno bisa memanfaatkan salah satu Penerapan dari Artificial Inteligents, yaitu Chat Bot. chat bot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun text. Yang berarti Yatno bisa menyerahkan Tugas Pemesanan produk saat malam hari kepada chat bot dan dia tidak perlu begadang lagi supaya produktifitas dan mutu dari produk tetap terjaga.
Saat ini sudah banyak chat bot yang berkembang di kalangan masyarakat, bertujuan untuk membantu tugas para manusia. sebagai contoh Simsimi, Rinna, dll banyak dari mereka bertugas berbagi informasi secara real-time ataupun sebagai hiburan semata. Namun Penggunaan chat bot masih terbatas, contohnya adalah terbatasnya kalimat yang digunakan oleh chat bot, serta ruang lingkup percakapan yang bisa dilakukan antar chatbot dengan user nya. Tetapi menurut saya batasan harus tetap dibuat antar Manusia dengan komputer, jika Teknologi seperti chat bot ini terus berkembang dengan ruang lingkup dan kosa kata yang berlimpah, justru akan mengancam keberadaan dari manusia itu sendiri. Maka dari itu kita harus bijak dalam pemafaatan dan pengembangan tekologi, jangan sampai menjadi bumerang bagi kelangsungan hidup umat manusia itu sendiri.

Comments